pascal-edu.com – Pada dasarnya setiap anak lahir dengan karakter tertentu. Ada anak-anak yang introver sehingga ia memilih untuk asyik sendiri sehingga tidak begitu banyak teman. Biasanya aktivitas favorit mereka adalah bermain gadget atau membaca buku di rumah. Ia tidak terlalu nyaman berada di keramaian. Jika anak ini tidak dikenal orang, ia memang memilih untuk itu, memilih untuk menjadi anak yang biasabiasa saja. Kebalikannya, anak yang populer. Ada anak yang memang sudah berpotensi menjadi “bintang” sejak lahir.

Entah karena ketampanan, kecantikan, atau lantaran daya pikat lain sehingga membuat banyak orang mengaguminya. Anak ini ibarat sebuah lampu sehingga banyak laron yang mendatanginya. Selain faktor bawaan, anak bisa menjadi populer karena pola asuh. Anak-anak seperti ini umumnya memiliki orangtua yang supel dan pintar bergaul. Kebiasaan orangtua yang sering membawa anaknya bertemu banyak orang akan mengasah keterampilan bergaul si anak sehingga ia pun tumbuh menjadi pribadi yang supel dan menyenangkan.

INGIN POPULER KARENA IKUT-IKUTAN

Selain tipe anak yang biasa saja dan yang populer, ada juga tipe anak yang ingin ikutikutan populer. Mereka disebut sebagai follower (pengikut). Si follower sebenarnya supel/senang bergaul, hanya saja kurang ada yang bisa ditonjolkan. Penampilan fisik dan kecerdasannya biasa saja dan ia tidak memiliki keahlian khusus. Dengan kata lain, anak tipe ini sebenarnya rata-rata namun ingin menjadi populer. Biasanya si follower sering mengikuti gaya penampilan temannya yang populer atau mengikuti ke mana pun si populer bermain.

Apakah mereka wajar? Tentu! Keinginan anak untuk menjadi populer adalah wajar karena bagi anak-anak SD, pengakuan dari teman sebaya (peer group) begitu berarti. Di usia sekolah, anak belajar bahwa kehidupan tidak hanya sebatas dengan keluarga saja tapi juga di luar rumah. Untuk itulah mereka belajar agar dirinya dapat diakui oleh orang lain dan harus berjuang untuk berteman serta menunjukkan siapa dirinya.

INGIN POPULER KARENA KOMPENSASI

Ada juga anak yang ingin populer karena kompensasi.