generasimaju.com – Contoh, ikutsertakan anak pada kursus musik, drama, melukis, dan sebagainya. Dari berbagai kursus itu bakatnya akan terasah. Ia pun bisa memperoleh kesempatan untuk tampil menunjukkan kemampuan dirinya dalam acara-acara performance. Paling tidak keinginan anak untuk tampil dan menonjol dapat tersalurkan. Keinginan agar orang lain banyak mengenal dirinya juga bisa tercapai.

Cara lain, bisa bekerja sama dengan guru. Bila memungkinkan komunikasikan dengan guru untuk memberi kesempatan pada anak untuk sering maju di depan kelas sehingga anak bisa menunjukkan kemampuan dirinya. Keinginan si follower yang tidak tersalurkan, ibarat sebuah luka yang jika tidak ditangani menjadi borok yang bisa melebar ke mana-mana. Anak menjadi sakit hati yang dapat berimbas menjadi orang yang sinis, tidak mau mengalah, serta tidak bisa beradaptasi serta bersosialisasi dengan baik.

Si Populer

Sementara pada anak yang populer, yang perlu ditekankan adalah tetap menjadi anak yang rendah hati dan peduli pada orang lain. Tanamkan empati pada diri anak dengan mengajak anak berdiskusi membahas temannya yang kurang beruntung karena kurang pintar, tidak mempunyai keterampilan, dan sebagainya. Pada temanteman seperti ini, si anak harus tetap mau berkawan dan menunjukkan penghargaanya.

UTAMAKAN CERDAS EMOSI

Sekali lagi, pada dasarnya, semua anak berhak populer, hanya perlu ditekankan bahwa siapa pun anak, ia seharusnya cerdas emosi. Dalam kehidupan bermasyarakat, kecerdasan ini akan lebih dipentingkan dari kecantikan, kepandaian, ataupun keterampilan lainnya. Cerdas emosi membuat anak mampu berempati pada orang lain, tidak bersikap sombong, lupa diri, dan sebagainya. Anak dengan emosi yang positif, meski ia biasabiasa saja tetap akan disukai lingkungannya. Mereka juga tak akan mencari perhatian dengan cara-cara yang tidak baik, bisa bersikap bijak, dan tidak terbawa pengaruh buruk dari lingkungan luar. Anak dapat terhindar dari sikap ikut-ikutan orang lain yang mungkin saja buruk. Karena anak mengetahui mana batasan salah dan benar. Hal inilah yang utama harus kita tanamkan di rumah. Setuju bukan?