originals.id – Beberapa waktu lalu, halaman samping Klinik Dr Achmad di wilayah Cakung, Jakarta Timur tampak dipadati pengunjung yang sebagian besar adalah ibu hamil. Hari itu memang digelar seminar dengan tema Hamil Bugar Di Bulan Puasa yang diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun yang kelima Klinik Dr Achmad. Acara ini dipandu oleh Dian L. Izwar, MPH, yang juga seorang psikolog dan sebagai pembicara dr. Achmad Zani Agusfar SpOG.

Seminar ini terasa pas sebab tak lama lagi bulan Ramadan tiba. Bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Demikian pula bagi wanita yang sedang hamil, menurut dr Achmad, ibu hamil wajib berpuasa, namun, boleh tidak menjalankan puasa bila ada gangguan pada janin maupun kesehatan ibunya. Untuk menjaga agar ibu tetap bugar dan sehat di bulan puasa, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu. Ibu disarankan untuk tetap menjaga frekuensi makannya sama dengan hari-hari biasa.

Umumnya frekuensi makan dalam satu hari adalah 5 kali yakni 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan. Untuk itu, pada bulan puasa, ibu tetap mengupayakan makan sebanyak 5 kali dengan pembagian waktu makan yang berbeda. Kelima waktu makan itu adalah saat buka dengan mengonsumsi hidangan pembuka yang manis, selanjutnya sehabis salat magrib dengan memgonsumsi makanan yang cukup mengenyangkan.

Waktu makan ketiga adalah setelah salat isya dengan mengonsumsi makanan utama lengkap, nasi beserta lauk pauk dan sayuran. Kemudian yang keempat, disarankan mengonsumsi makanan selingan sesaat sebelum tidur. Terakhir waktu makan yang kelima adalah saat sahur dengan mengonsumsi makanan utama kembali.

Dengan menaati jadwal makan seperti saat tidak berpuasa, maka diharapkan kebutuhan janin akan zat gizi untuk pertumbuhannya dapat terpenuhi. Hal lain yang harus diperhatikan pula adalah menjaga kebugaran dengan berolahraga ringan. Hanya saja untuk menyiasati agar tidak terlalu haus, lakukan olahraga sehabis sahur atau menjelang berbuka. Agar setelah berolahraga bisa langsung berbuka untuk membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang.