Menyumbang Barang Bekas

Ketika mulai menerapkan gaya hidup minimalis maka Anda akan menghadapi tumpukan barang yang tidak digunakan namun sayang untuk dibuang. Begitu juga saat pindahan rumah, akan banyak barang yang tak terbawa. Anda dapat menjual barangbarang ini namun butuh waktu agar laku. Lebih praktis jika Anda dapat menyumbangkannya ke beberapa lembaga atau yayasan yang membutuhkan. Berikut pilihan beberapa tempat yang menerima sumbangan barang bekas layak pakai :

Sumbang.in
Sumbang.in merupakan bagian dari kitabisa.com yang menerima sumbangan dalam bentuk bukan uang. Untuk menyumbang orang harus membuka situs sumbang. in lalu mengisi formulis secara online seperti nama, no.kontak, jenis barang yang disumbangkan. Biasanya Sumbang.in akan menghubungi penyumbang, menanyakan bagaimana barang dikirim. Jika barang dalam jumlah besar dan berada satu kota dengan kantor Sumbang.in, maka Sumbang. in akan mengatur penjemputan barang. Barang yang disumbang akan disalurkan ke pihak yang membutuhkan, atau dijual kembali lalu uang hasil penjualan disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

Barang bekas yang dapat disumbangkan tidak sebatas pakaian dan peralatan elektronik saja, apabila ingin mmeberikan sumbangan barang bekas berupa mesin genset juga bisa. Genset saat ini sangat dibutuhkan, mengingat belum semua wilayah di Indonesia sudah teraliri listrik. Terlebih daya beli warga juga kurang, sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk mempunyai genset. Biasanya mereka yang memerlukan mesin bensin genset berada di wilayah Indonesia timur, terutama daerah pedalaman.

Harga genset diesel 15 kva di palembang yang mencapai puluhan juta sangat memberatkan bagi warga pedalaman dan tidak memungkinkan bagi mereka untuk beli. Oleh karenanya bantuan berupa genset yang bekas pakai dibutuhkan sekali oleh warga pedalaman yang belum pernah menikmati listrik.

Program Sedekah Barang IDC (Infaq Dakwah Center)
Program ini menerima sumbangan barang dalam bentuk apa saja mulai pakaian bekas, perabot rumah, alat elektronik rusak, hingga motor dan mobil rusak yang teronggok di gudang. Untuk menyumbang Anda dapat mengirimkan langsung ke kantor mereka, dengan alamat : Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC), Jl. Veteran No. 48 Kota Bekasi, Jawa Barat – 17141 (Kompleks SD Islam An-Najah, Samping Masjid Agung Al-Barkah Bekasi) atau bagi penyumbang yang tinggal di Jabodetabek dan Solo, mereka dapat meminta layanan jemput barang dengan menghubungi IDC via SMS/ WA di no hp.08122700020. Barang yang masih layak pakai akan langsung disumbangkan ke pihak yang membutuhkan, sementara barang yang rusak akan diperbaiki oleh tim IDC sebelum disalurkan ke pihak yang membutuhkan.

Program Pelestarian Lingkungan Tzu Chi
ayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menerima sumbangan plastik dan kertas bekas yang kemudian mereka daur ulang, olah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Untuk itu Anda dapat menghubungi Yayasan Tzu Chi di cabang terdekat. Daftar cabang Yayasan Tzu Chi dapat Anda lihat di http://www.tzuchi.or.id/ hubungi-kami. Di luar negeri seperti Taiwan, Tzu Chi bahkan menerima pakaian atau kain bekas yang tak terpakai untuk didaur ulang menjadi selimut dan lainnya. Sayang di Indonesia program daur ulang pakaian dan kain ini belum ada.