Posisi Mengemudi Yang Benar – Pengemudi pada dasarnya selalu ingin berkendara dengan nyaman. Posisi duduk diatur sedemikian rupa sehingga nyaman. Sayangnya, apa yang nyaman tidak selalu aman.

Banyak orang tidak menyadari bahwa posisi duduk yang mereka anggap aman ternyata berbahaya. Bahkan meningkatkan risiko hal-hal yang tidak diinginkan bahkan kecelakaan yang menyebabkan korban. Ini tentu menjadi perhatian bagi pecinta Toyota, terlepas dari jenis mobil yang digunakan.

posisi mengemudi yang benar

Pada dasarnya, pengemudi harus mendapatkan 3K dalam berkendara: komunikasi, kenyamanan dan kontrol. Posisi duduk, tangan dan kaki adalah kunci untuk menentukan posisi mengemudi yang benar.

Lantas bagaimana posisi duduk saat berkendara dengan baik dan aman? Kiat-kiat berikut dikutip dari website Gerai Toyota.

Bagaimana posisi duduk Saat Mengemudi?

Posisi duduk dapat dimulai dari jangkauan kaki ke arah pedal. Jarak referensi dalam mobil manual adalah kaki yang mencapai pedal kopling sepenuhnya. Saat berada di mobil otomatis, kaki harus dapat menekan pedal rem sepenuhnya. Kemudian, sesuaikan sandaran dengan menempatkan tangan ke arah setir jam 12 lurus. Sandaran harus dapat menempel secara merata di punggung pengemudi, dari bahu ke pinggang.

Ketika posisi duduk sempurna, dari sini Anda dapat menyesuaikan sabuk pengaman, posisi kaca spion, untuk menyalakan sistem audio. Pastikan untuk melakukan hal-hal ini sebelum mobil berjalan.

Bagaimana Posisi tangan yang benar saat berkendara?

Arah jam adalah cara mudah untuk menggambarkan posisi yang benar dari tangan penggerak. Pastikan posisi tangan dalam arah 9-3 atau 10-2.

Dua posisi ini adalah yang paling aman dalam berkendara. Sangat disarankan untuk meletakkan tangan 9-3 karena posisi ini mencapai tuas kontrol di sekitar roda. Selain itu, daya yang digunakan untuk memutar setir juga jauh lebih ringan.

Hindari mengemudi dengan satu tangan, tangan Anda berada di dalam setir atau kedua tangan berada pada satu titik (biasanya ke arah setir jam 6).

Disarankan juga untuk tidak menggunakan setir seperti pada setir alat berat karena berpotensi merusak ibu jari dan menghalangi kontrol kemudi.

Bedanya posisi kaki pada mobil manual dan matic

Penentuan posisi kaki tergantung pada jenis mobil yang digunakan. Di mobil manual, coba dengan kaki kiri di sandaran kaki, tidak terhubung ke pedal kopling.

Sementara di mobil otomatis, kaki kiri harus benar-benar di sandaran kaki, hanya kaki kanan yang berfungsi menekan pedal rem dan gas.

Sesuaikan posisi kaki kanan dengan benar, yaitu tegak lurus terhadap pedal rem dan miringkan ke kanan saat Anda menekan pedal akselerator. Tumit harus melekat pada lantai mobil dan tidak boleh bergerak.

Memposisikan tubuh dengan benar dan benar akan membantu meningkatkan keselamatan saat mengendarai mobil. Gerai Toyota mendukung posisi aman ini dengan kursi pengemudi yang mudah disesuaikan.

Selain itu, tombol sistem audio tidak lagi menjadi masalah dengan sakelar arah kontrol audio sehingga konfigurasi sistem dapat dilakukan tanpa melepaskan tangan Anda dari kemudi.

Itulah Tips dari Gerai Toyota yang bisa kami bagikan mengenai Posisi Mengemudi Yang Benar. Tunggu kami di postingan berikutnya. Semoga bisa bermanfaat..